Mengenal Lebih Dekat dengan Penyakit ISPA

TEMPO.CO, Jakarta – Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah penyakit yang sering terjadi dan dapat mempengaruhi siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Gejala Penyakit ISPA

Dilansir dari Siloam Hospitals, gejala penyakit ISPA dapat bervariasi tergantung jenis penyakitnya, namun beberapa gejala umum yang mungkin timbul meliputi batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, demam, sakit kepala, dan nyeri tubuh.

Gejala ini seringkali mirip dengan gejala flu atau pilek biasa, tetapi dapat berkembang menjadi lebih serius tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya.

Penyebab Penyakit ISPA

ISPA dapat disebabkan oleh berbagai agen infeksi, termasuk virus, bakteri, dan jamur. Virus influenza adalah penyebab umum penyakit ISPA, terutama pada musim flu.

Bakteri seperti Streptococcus pneumoniae juga dapat menyebabkan ISPA berat seperti pneumonia. Penyakit ini mudah menyebar melalui percikan air liur atau droplet saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara.

Pencegahan Penyakit ISPA

Berikut langkah-langkah pencegahan dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit ISPA.

1. Vaksinasi

Vaksin flu tahunan dan vaksin pneumonia direkomendasikan terutama bagi orang-orang yang rentan terhadap penyakit ini, seperti anak-anak, lansia, dan individu dengan kondisi kesehatan kronis.

Iklan

2. Cuci Tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik dapat mengurangi risiko penularan penyakit ISPA.

3. Hindari Kontak Dekat dengan Orang Sakit

Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit, terutama jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

4. Gunakan Masker

Menggunakan masker saat berada di tempat-tempat ramai atau jika Anda mengalami gejala ISPA dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan, seperti membersihkan permukaan yang sering disentuh, dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit.

Baca Juga  Paylater Makin Populer, Edukasi Finansial Tetap Jadi Kunci - Fintechnesia.com

Pilihan Editor: Ketahui Penyakit ISPA, Gejala dan Pencegahannya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *