Ternyata Segini Harta Ismail Thomas PDIP yang Jadi Tersangka Pemalsuan Dokumen Tambang

TEMPO.CO, Jakarta – Kader PDIP Ismail Thomas ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen perizinan pertambangan PT Sendawar Jaya oleh Kejaksaan Agung atau Kejagung.

Selain ditetapkan sebagai tersangka, Kejagung juga langsung menahan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu di Rumah Tahanan Salemba cabang Kejagung.

“Penetapan status tersangka dan penahanan tersangka IT (Ismail Thomas) anggota Komisi I DPR RI atau Bupati Kutai Barat 2006-2016,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana, pada Selasa kemarin, 15 Agustus 2023.

Peran Ismail, kata Ketut, yakni melakukan pemalsuan dokumen-dokumen terkait perizinan pertambangan yang digunakan untuk kepentingan proses persidangan.

“Yang bersangkutan melakukan pemalsuan dokumen di tahun 2021, statusnya sebagai anggota DPR RI.” kata dia.

Ismail dijerat dengan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 1999 tentang Tindap Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP.

“Yang bersangkutan ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan” ujar Ketut.

Adapun Ismail menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 2019. Sebelumnya, dia merupakan Bupati Kutai Barat dua periode selama 2006-2016. Lantas, berapa harta kekayaan yang dimiliki Ismail Thomas?

Harta Kekayaan Ismail Thomas

Melansir laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang dilaporkan pada Desember 2022, Ismail memiliki harta kekayaan sebesar Rp 9,8 miliar.

Kekayaan itu terdiri dari sejumlah aset, di antaranya 7 bidang tanah dan bangunan dengan nilai total Rp 2.238.050.000. Aset tanah dan bangunan itu tersebar di beberapa daerah, seperti Kutai Barat dan Samarinda. Mayoritas aset berupa tanah dan bangunan itu berada di Kutai Barat yang menjadi tanah kelahiran Ismail.

Baca Juga  Magelang Jadi Wilayah Spesial Bagi Penggemar Olahraga Otomotif

Selain memiliki aset tanah dan bangunan, Ismail juga memiliki delapan unit mobil yang jika ditotal nilainya mencapai Rp 828 juta.

Tak hanya itu, Ismail juga mempunyai harta bergerak lain sebesar Rp 381 juta. Sedangkan kas dan setara kas yang dicatatkan Ismail senilai Rp 6.376.336.700.

Selanjutnya: Dengan rincian tersebut…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *