Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Sepanjang 2023 – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Geliat industri kecantikan di Indonesia semakin cantik di sepanjang 2023. Data Kementerian Perindustrian telah mencatat, kontribusi industri kosmetik terhadap produkter domestik bruto (PDB) pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

“Tokopedia mencatat, Kecantikan dan Perawatan Tubuh sebagai salah satu kategori produk yang paling laris sepanjang 2023,” jelas Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli, Kamis (11/1).

Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner. Sedangkan beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah
cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah.

Tren tersebut membuktikan, pascapandemi masyarakat makin peduli dengan
kesehatan kulit dan wajah. Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi banyak masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023. Mulai tren clean girl, makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan masih banyak lagi.

Tokopedia juga melihat berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023.
Daerah Pesisir Selatan (Sumatra Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau) dan Ambon (Maluku), merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023. “Rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022,” tambah Stefanie.

Baca juga: BEI Minta GOTO Buka-Bukaan Terkait Transaksi TikTok-Tokopedia, Ini Hasilnya

Sepanjang 2023, Tokopedia konsisten menghadirkan deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri.

Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023, melejit hampir lima kali lipat jika dibandingkan awal.tahun 2023 pada Januari 2023.

Baca Juga  Mudahkan Nasabah Beli Hewan Kurban, Bank Muamalat Berinovasi Lewat Kurban Online - Fintechnesia.com

Sebagai perpanjangan dari Tokopedia Beauty, Tokopedia juga telah mengadakan Tokopedia Beauty Awards (TBA) di akhir 2023. Ajang penghargaan tahunan yang berlangsung sejak tahun 2020 ini adalah upaya Tokopedia untuk mengapresiasi produk-produk kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia

“Terkumpul ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia untuk menentukan 32 nama pemenang berbagai kategori di Tokopedia Beauty Awards 2023,” ujar Stefanie.

Di pengujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga telah meluncurkan kampanye Beli Lokal bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023 lalu.

Kampanye Beli Lokal bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun aplikasi TikTok, sehingga dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal ke seluruh Indonesia.

“Sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia mengalami rata-rata kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momentum Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” jelas Stefanie. (nin)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *